Close

Change Language

Close Language Selection

4 Software CRM Indonesia Terbaik Untuk Manufaktur

BLOG Monday, 28 October 2024
4 Software CRM Indonesia Terbaik Untuk Manufaktur

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih software CRM terbaik untuk bisnis manufaktur. Anda harus memahami kebutuhan spesifik industri Anda. Misalnya, katakanlah Anda memproduksi produk yang memerlukan beberapa layanan dalam perjalanan ke target pelanggan.  Dalam hal ini, Anda memerlukan CRM dengan fitur yang dirancang khusus untuk layanan dan manajemen pelanggan. Anda juga ingin memastikan bahwa CRM industri manufaktur Anda mudah digunakan dan dapat di personalisasi. Dengan demikian industri manufaktur Anda dapat tumbuh bersama perusahaan Anda. 

Melalui artikel ini, Anda akan memahami bagaimana sistem CRM merangsang pertumbuhan dalam industri manufaktur. Juga sebagai pedoman untuk mengambil keputusan terbaik untuk bisnis anda untuk hasil terbaik. 

 

 

 

Apa Itu CRM untuk Industri Manufaktur?

Penggunaan CRM dalam industri manufaktur dapat meningkatkan penjualan dan ROI sekaligus mengurangi churn rate (persentase pelanggan yang berhenti menggunakan layanan). CRM untuk industri manufaktur membantu bisnis mengelola hubungan dan data pelanggan yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Beberapa fitur paling populer dalam CRM industri manufaktur: 

  1. Penawaran dan penetapan harga 

  1. Manajemen peluang 

  1. Portal pelanggan 

 

Software CRM terbaik untuk manufaktur akan mengarahkan Anda ke peningkatan keterlibatan pelanggan, peningkatan penjualan, dan peningkatan dukungan pelanggan serta strategi pemasaran. 

Fitur yang Diincar pada CRM untuk Industri Manufaktur 

Ketika memilih solusi CRM untuk industri manufaktur, prioritaskan hal berikut: 

  1. Contact Management: Kelola informasi pelanggan secara efisien, termasuk rincian kontak, riwayat komunikasi, dan preferensi. 

  1. Lead Tracking: Melacak prospek dari awal kontak, memastikan tidak ada calon pelanggan yang terabaikan. 

  1. Pipeline Management: Kelola proses penjualan mulai dari pencarian calon pembeli hingga penutupan, membantu menyederhanakan operasi. 

  1. Reporting and Analytics: Laporan dan analitik untuk mendapatkan wawasan tentang penjualan, perilaku pelanggan, dan tren pasar. 

  1. Email Integration: Integrasi secara mulus dengan sistem email Anda untuk komunikasi dan pelacakan interaksi pelanggan yang efisien. 

  1. Collaborative Team Tools: Memfasilitasi kolaborasi antar anggota tim dengan timeline, penugasan, dan KPI. 

  1. Integration Compatibility: Kompatibilitas dengan software manufaktur yang ada untuk operasi yang efisien dan konsistensi data. 

 

Mengapa Menggunakan CRM untuk Industri Manufaktur? 

Ada banyak alasan untuk menggunakan sistem CRM pada industri apa pun, tetapi manfaatnya terutama terlihat di bidang manufaktur. 

CRM terbaik untuk manufaktur membantu Anda meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan proses pemasaran dan penjualan Anda.  

Anda dapat menggunakan CRM untuk secara otomatis mengirim email ke pelanggan berdasarkan interaksi mereka dengan perusahaan Anda. Anda juga dapat mengelompokkan pelanggan sehingga tim penjualan Anda bisa menargetkan prospek ke masing-masing pelanggan. Dengan CRM manufaktur, Anda dapat menawarkan portal kepada pelanggan untuk: 

  • Melihat riwayat pembelian. 

  • Melacak pesanan. 

  • Mengirimkan tiket bantuan. 

 

Apa Keuntungan dari Menggunakan CRM di Industri Manufaktur? 

  1. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan 

Sistem CRM memberi Anda visibilitas lengkap dalam interaksi dan data pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan strategi pemasaran dan proses penjualan. 

  1. Penjualan dan ROI 

Solusi CRM untuk manufaktur membantu Anda meningkatkan penjualan dan ROI sekaligus mengurangi churn rate. 

  1. Produktivitas 

Penggunaan CRM dalam industri manufaktur memungkinkan Anda meningkatkan produktivitas dengan mengotomatiskan tugas-tugas berulang seperti email atau perolehan prospek. 

  1. Perencanaan yang lebih baik 

Sistem CRM memudahkan untuk memperkirakan tren penjualan dan pemasaran di masa mendatang. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan pengembangan produk atau operasi. 

  1. Pengambilan keputusan 

Sistem CRM memberi data berharga yang dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat tentang pemasaran, penjualan, dan operasi. 

 

CRM di Indonesia 

  1. Salesforce 

 

Salesforce memiliki solusi CRM berbasis cloud untuk membantu perwakilan penjualan di mana saja dan dengan opsi otomatisasi yang mudah digunakan. 

Pros:  

  • Kemampuan kustomisasi yang tinggi 

  • Alat analitik dan pelaporan yang kuat 

  • Kemampuan integrasi yang cukup luas 

Cons: 

  • Tingkat kerumitan yang cukup tinggi sehingga memerlukan waktu adaptasi 

  • Biaya tinggi, terutama untuk bisnis skala kecil hingga menengah 

  1. Microsoft Dynamics 365 

Microsoft Dynamics 365 CRM adalah produk software manajemen hubungan pelanggan dari Microsoft yang memungkinkan bisnis untuk menyederhanakan proses penjualan, pemasaran, dan layanan mereka. Antarmuka yang mudah dan fitur-fitur tangguh, software ini membantu organisasi untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan mendorong pertumbuhan. 

Pros: 

  • Integrasi sempurna dengan produk Microsoft lainnya 

  • Wawasan, otomatisasi, dan generative output canggih oleh AI (Copilot) 

  • Skalabilitas fleksibel untuk bisnis yang sedang berkembang 

Cons: 

  • Bisa jadi rumit untuk diterapkan sesuai dengan tingkat implementasi yang diinginkan 

  • Pembagian harga standar dan premium bisa menjadi hambatan bagi bisnis kecil 

  1. SAP CRM 

SAP CRM mengedepankan penyederhanaan pengelolaan interaksi pelanggan dan memberikan wawasan berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Pros: 

  • Mencakup semua fungsi CRM 

  • Integrasi yang sangat baik dengan solusi ERP SAP lainnya 

  • Fitur manajemen data dan analitik yang Tangguh 

Cons: 

  • Biaya implementasi dan pemeliharaan sangat tinggi 

  • Memerlukan pelatihan dan keahlian yang cukup untuk memanfaatkannya secara efektif 

  1. Zoho CRM 

Zoho CRM adalah CRM berbasis cloud yang didukung AI dan mudah disiapkan dengan upaya minimal yang sesuai untuk bisnis kecil dan perusahaan. Mengotomatiskan operasi rutin, memantau saluran penjualan secara efektif, membuat proyeksi penjualan, dan mendeteksi anomali sehingga meningkatkan produktivitas dan ROI Anda. 

Pros: 

  • Model harga yang dapat diskalakan 

  • Antarmuka yang ramah pengguna dan mudah diatur 

  • Dukungan pelanggan dan komunitas yang baik 

Cons: 

  • Fitur lanjutan terbatas 

  • Integrasi dengan produk non-Zoho terkadang bisa menjadi tantangan 

 

Kesimpulan 

Kebutuhan CRM untuk manufaktur bisa berskala kecil maupun besar. Menyesuaikan kebutuhan dan memanfaatkan keunggulan dari masing-masing produk bisa memberikan hasil dan performa terbaik untuk bisnis Anda. 

Password Solusi menyediakan sistem CRM dengan produk Dynamics 365 CRM dari Microsoft. Sistem ini memberikan fitur pengelolaan pelanggan, otomatisasi layanan, dan generative AI Microsoft Copilot yang sudah tertanam dalam program untuk bisa menyediakan informasi, mendukung komunikasi antar agen dengan seluruh pelanggan dan peluang pelanggan, dan pembantu dalam komunikasi. Aplikasi ini sangat terintegrasi, modular, dan mempunyai tingkat skalabilitas yang tinggi, memungkinkan Anda untuk mengembangkan sesuai dengan kebutuhan. 

 

Pelajari Lebih Lanjut
Free Konsultasi 


Related News and Events

View All News and Events